Ada beragam cara mengurangi berat badan saat ini. Namun, kebanyakan dari cara tersebut terkadang malah membuat Anda kesulitan, kelaparan, dan tidak puas akan hasilnya. Tiga langkah diet simpel berikut ini akan membantu Anda berdiet dengan lebih mudah dan cepat, serta meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh pada waktu bersamaan. Selain itu, cara berikut ini juga telah didukung oleh studi ilmiah.

  1. Mengurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat

Langkah paling penting untuk mengurangi berat badanadalah mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Gula dan karbohidrat adalah jenis makanan yang paling banyak menstimulasi sekresi insulin. Insulin adalah hormon utama penyimpan lemak di dalam tubuh. Saat tingkat insulin turun, lemak menjadi lebih mudah dikeluarkan, dan tubuh mulai membakar lemak sebagai pengganti karbohidrat.

Manfaat lain dari penurunanjumlah insulin pada tubuh adalah membantu organ ginjal mengeluarkan sisa-sisa zat dan berat cairan berlebih dari dalam tubuh.

  1. Cukupi Asupan Protein, Lemak, dan Sayuran

Lengkapi setiap menu makan Anda dengan sumber protein, lemak, dan sayuran rendah karbohidrat. Menciptakan menu dengan cara ini secara otomatis akan mengontrol asupan karbohidrat Anda tetap pada jumlah yang disarankan, sekitar 20-50 gram per hari.

  • Penuhi asupan protein

Menjaga asupan protein saat diet sangatlah penting, tetapi tetap dengan jumlah yang tidak berlebihan. Protein dapat memberikan 441 kalori lebih banyak sebagai pengganti karbohidrat. Cara ini menunjukkan bahwa protein dapat lebih meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 80-100 kalori per hari. Diet tinggi protein juga dapat mengurangi 60% obesitas, menurunkan keinginan ngemil pada malam hari, dan menjadi sumber nutrisi penting pasca kehilangan berat badan.

  • Konsumsi sayuran rendah karbohidrat

Jangan takut untuk mengisi piring makan Anda dengan sayuran rendah karbohidrat. Anda tetap dapat menyantapnya dengan jumlah banyak tanpa khawatir melebihi ketentuan kebutuhan karbohidrat harian. Selain itu,diet dengan daging dan sayuran juga dapat memenuhi kebutuhan akan serat, vitamin, dan mineral harian tubuh. Contoh beberapa sayuran rendah lemak adalah brokoli, bayam, kubis, selada, ketimun, seledri, dll.

  • Cukupi asupan lemak

Tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi lemak. Melakukan diet rendah karbohidrat dan rendah lemak pada waktu yang bersamaan adalah hal yang salah. Contoh lemak masak terbaik yang dapat digunakan saat diet adalah minyak kelapa. Minyak kelapa kaya akan kandungan lemak bernama Medium Chain Triglycerides (MCTs) yang lebih mengenyangkan, dan dapat mendorong metabolisme tubuh menjadi lebih cepat.

  1. Lakukan Olahraga

Anda sangat disarankan untuk selalu melakukan kegiatan olahraga bersamaan dengan diet. Olahraga angkat beban bisa menjadi pilihan saat diet. Melakukan angkat beban dapat membantu membakar lebih banyak kalori dan mencegah menurunnya fungsi metabolisme tubuh, yang merupakan efek samping dari penurunan berat badan. Selain itu, berdasarkan studi, diet rendah karbohidrat menunjukkan bahwa Anda bisa membangun otot lebih baik saat kehilangan sejumlah lemak pada tubuh secara signifikan.

Jika angkat beban bukan pilihan yang cocok untuk Anda, lakukanlah beberapa olahraga kardio, seperti berjalan kaki, berlari, joging, dan berenang.

Itulah 3 cara mengurangi berat badan dengan diet simpel dan mudah. Namun, hal yang terpenting adalah tetap atur pola makan, olahraga, dan istirahat yang cukup untuk mendukung keberhasilan diet Anda. (ADS)