Saat sarapan pagi, meeting pekerjaan, hingga kumpul bersama teman, banyak orang yang memilih kopi untuk menemani aktivitas mereka tersebut. Maka tak heran, saat ini semakin banyak bermunculan kedai kopi. Kopi dianggap minuman yang dapat membuat seseorang merasa lebih tenang dan santai. Namun, kopi yang dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan masalah pada kesehatan Anda, apa saja akibat minum kopi berlebihan?

  1. Menimbulkan kecemasan
    Kafein dapat membuat aktivitas sistem saraf simpatik Anda menjadi berlebihan. Hal tersebut dapat menimbulkan kecemasan pada diri Anda. Konsumsilah kopi dengan sewajarnya, maksimal empat gelas per hari.
  2. Osteoporosis
    Kandungan kafein dalam kopi dapat menghambat sistem pencernaan Anda dalam menyerap kalsium. Padahal, kalsium merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saat tubuh kekurangan kalsium, maka Anda berisiko tinggi untuk mengalami osteoporosis.
  3. Diabetes
    90 persen peminum kopi pasti menambahkan gula ke dalam kopinya. Jadi, semakan banyak kopi yang Anda konsumsi akan semakin banyak pula gula yang Anda konsumsi. Asupan gula yang berlebihan dapat menimbulkan diabetes tipe 2.
  4. Halusinasi
    Hasil penelitian dari La Trobe University Melbourne, Australia, menemukan bahwa konsumsi kopi lebih dari empat cangkir setiap hari, dapat menyebabkan seseorang merasa mendengar atau mengalami sesuatu, yang sebenarnya tidak terjadi. Hal ini biasa disebut dengan halusinasi.
  5. Gigi Rusak
    Selain rokok, kopi merupakan salah satu penyebab terjadinya noda pada gigi. Kopi dapat membuat warna putih gigi Anda memudar. Hal ini tentu saja dapat menganggu penampilan Anda. Selain itu, kopi juga dapat membuat gigi Anda menjadi karies.

Ingat… sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, bagaimana menurut anda? (RF)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here