Penyakit darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang muncul akibat adanya peningkatan tekanan darah di dalam arteri. Ketidakseimbangan pola hidup dan faktor usia merupakan penyebab utama dari kehadiran penyakit ini. Beberapa jenis obat yang terangkum dalam 5 jenis ramuan alami obat darah tinggi ini dapat menjadi rekomendasi untuk menunjang kesembuhan penyakit darah tinggi.

Secara umum, seseorang dapat dikatakan mengidap penyakit darah tinggi apabila memiliki nilai tekanan darah di atas 140/90 mmHg secara berkelanjutan. Penyakit yang dapat menjadi pemicu munculnya penyakit stroke, jantung, dan kerusakan ginjal ini merupakan penyakit yang banyak diderita oleh kalangan dewasa dengan pola hidup yang kurang baik. Konsumsi garam secara berlebih, kurangnya aktivitas berolahraga, dan stres yang muncul akibat rutinitas harian yang padat, kerap menjadi penyebab dari penyakit darah tinggi. Untuk mengobati penyakit darah tinggi, khasiat dari beberapa ramuan obat alami ini dapat menjadi pilihan.

 

  1. Mengkudu
    Untuk membuat ramuan obat dari tanaman mengkudu, Anda dapat memilih buah mengkudu yang telah masak sebanyak 2 buah. Cuci bersih dan parut buah mengkudu, peras dan saring, lalu minumlah airnya. Aplikasikan pengobatan ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Pengobatan alami dari tanaman mengkudu ini sangat baik diterapkan untuk penderita penyakit darah tinggi yang disertai dengan penyakit kencing manis.
  2. Mentimun
    Ramuan obat dari buah mentimun yang kaya akan kandungan air ini dapat Anda buat dengan cara yang mudah. Cuci bersih 2 sampai 3 buah mentimun yang telah masak, parut dan saring, lalu minumlah airnya. Pengobatan dengan menggunakan buah mentimun dapat Anda aplikasikan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.
  3. Pegagan
    Pegagan merupakan jenis tanaman obat yang cenderung dianggap sebagai tanaman liar. Cuci bersih 20 lembar daun pegagan yang telah dikumpulkan, rebus bersama 3 gelas air bersih ukuran standar, hingga air rebusannya hanya tersisa dua seperempatnya. Setelah dingin, saring air rebusan daun pegagan tersebut dan minum sebanyak 3 kali dalam sehari. Jika dirasa terlalu pahit, Anda dapat menambahkan gula secukupnya.
  4. Seledri
    Jenis tanaman yang kerap hadir dalam masakan Indonesia ini dapat menjadi ramuan alami untuk mengobati darah tinggi. Siapkan daun seledri sebanyak 16 batang, potong secara kasar, dan rebus dengan 2 gelas air bersih ukuran standar hingga air rebusannya hanya tersisa satu setengahnya. Dalam satu hari, konsumsi daun seledri tersebut dan minum airnya dalam 2 waktu yang berbeda.
  5. Lobak
    Tanaman umbi yang kaya akan kandungan serat ini cocok menjadi pilihan untuk ramuan obat darah tinggi. Cuci bersih dan parut 1 buah lobak yang telah masak, peras dan saring, lalu minumlah airnya. Ramuan dari tanaman lobak ini dapat dikonsumsi secara rutin untuk menurunkan kadar tekanan darah yang tinggi.

Demikianlah artikel mengenai 5 jenis ramuan alami obat darah tinggi. Semoga dapat menjadi referensi untuk kesembuhan Anda, dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here