Rambut adalah ‘mahkota’ dari penampilan seseorang. Memiliki rambut yang sehat tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang, terutama bagi perempuan. Rambut yang sehat dapat diwujudkan dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin rambut yang seimbang. Artikel ini akan membahas secara khusus mengenai jenis vitamin rambut alami untuk rambut sehat.

Rambut yang sehat adalah rambut yang mudah diatur, tidak berketombe, memiliki kadar minyak yang normal, dan tidak mudah rontok. Perawatan terhadap rambut secara intensif sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan rambut. Vitamin rambut yang bersumber dari bahan-bahan alami tentunya dapat menjadi rujukan untuk mewujudkan rambut sehat yang Anda inginkan. Berikut beberapa jenis vitamin untuk rambut sehat:

  1. Lidah Buaya (Aloe vera)
    Lidah buaya merupakan jenis tanaman yang telah banyak dikenal memiliki kandungan vitamin alami yang sangat baik untuk rambut. Gel dari tanaman lidah buaya ini dapat digunakan secara intensif sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu, terutama untuk menyuburkan dan memperkuat akar rambut. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit rambut dan diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  1. Urang-Aring (Eclipta prostata)
    Urang-aring adalah jenis tanaman liar yang telah banyak dibudidayakan untuk diproduksi sebagai vitamin rambut. Cuci bersih segenggam urang-aring, tumbuk hingga halus, tambahkan 2 gelas air bersih, lalu saring air tumbukannya. Anda dapat menggunakan air saringan dari tumbukan setelah proses pengembunan yang dilakukan 1 malam sebelumnya.
  1. Bayam (Amaranthus tricolor)
    Anda dapat menggunakan bayam sebagai vitamin alami untuk rambut sehat dengan cara menumbuk seikat daun bayam segar yang telah dicuci bersih. Tambahkan ½ sendok the makan garam dan air pada tumbukan, lalu saring. Minum air saringan dan aplikasikan metode ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.
  1. Mengkudu (Morinda citrifolia)
    Buah mengkudu terbukti efektif untuk menghilangkan ketombe pada rambut hingga ke dasar kulit kepala. Tumbuk halus buah mengkudu, tambahkan sedikit air lalu campurkan kedua bahan tersebut hingga membentuk bubur. Gosokkan bubur mengkudu ke kulit kepala dan diamkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih rambut.
  1. Nanas (Ananas comosus)
    Dibalik rasanya yang menggiurkan, kandungan gizi yang ada pada nanasdapat digunakan untuk mencegah ketombe pada rambut. Kupas nanas yang telah masak, parut daging nanas tersebut lalu aplikasikan hasil parutan pada kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih satu malam, lalu cuci bersih rambut.
  1. Mangkokan (Nothopanax scutellarium)
    Daun mangkokan memiliki fungsi untuk mencegah kebotakan dan kerontokan pada rambut. Petikdaun mangkokan tua sebanyak 5 hingga 10 lembar, cuci bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan minyak kelapa dan air, lalu peras dan saring tumbukan tersebut. Air perasan yang telah bersih dapat diaplikasikan pada rambut sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu secara rutin.
  1. Lobak (Raphanus sativus)
    Air perasan dari hasil tumbukan lobak terbukti mampu menyehatkan rambut. Cuci akar lobak, lalu parut.Peras tumbukan tersebut, lalu aplikasikan pada kulit kepala Anda. Sayuran jenis umbi ini memiliki manfaat untuk mencegah kerontokan rambut.

Nah itu adalah 7jenis vitamin rambut alami untuk rambut sehat yang wajib Anda ketahui. Rawatlah rambut Anda dengan vitamin alami untuk rambut yang sehat. Selamat mencoba! (ADS)