Hampir seluruh waktu yang Anda miliki pasti dihabiskan di kantor. Pekerjaan yang menumpuk dengan jadwal deadline yang padat mungkin akan membuat Anda lupa untuk tetap menjaga kesehatan Anda. Padahal dengan tubuh yang sehatlah, Anda dapat menyelesaikan semua pekerjaan Anda. Tidak perlu khawatir, sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan agar tetap sehat, meski seharian berada di kantor. Berikut 7 tips sehat di kantor,

Sarapan

Sesibuk apapun, sebaiknya Anda tidak melewatkan sarapan. Buatlah sarapan yang mudah dan cepat. Namun, pastikan bahwa menu sarapan yang Anda konsumsi mengandung karbohidrat, protein, dan lemak baik. Ketiga kandungan gizi tersebut akan menghasilkan energi dan membuat Anda selalu berkonsentrasi saat bekerja.

Minum cukup air

Seharian berada di depan komputer di ruangan yang sejuk, seringkali membuat kita lupa untuk minum. Padahal Anda membutuhkan air putih minimal dua liter per hari, agar tubuh Anda tetap mendapatkan pasokan oksigen, dan peredaran darah ke otak Anda tetap lancar. Letakkan air putih di dekat jangkauan Anda agar Anda tidak lupa untuk minum.

Makan siang tepat waktu

Sebaiknya tunda pekerjaan Anda saat makan siang tiba. Makan siang merupakan waktu untuk mengisi ulang tenaga Anda. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan hingga selesai. Bila memungkinkan, cobalah makan siang di luar kantor agar tubuh Anda tetap dapat bergerak aktif.

Berjalan-jalan

Di tengah jam kerja, cobalah bangkit dari kursi kerja untuk berjalan-jalan sejenak mengelilingi kantor. Cara ini dapat meregangkan otot-otot Anda. Terlalu banyak duduk juga dapat mengganggu kesehatan Anda.

Pajang foto keluarga

Memajang foto keluarga atau benda-benda favorit Anda akan membuat Anda merasa lebih santai. Tatalah barang-barang tersebut dengan rapi di meja kerja Anda. Memandang foto keluarga juga dapat membuat Anda lebih bahagia dan terhindar dari stres.

Gunakan aromaterapi

Aromaterapi dengan berbagai wewangian terbukti dapat membuat seseorang lebih relaks. Letakkan aromaterapi di meja kerja Anda. Bukan hanya berguna untuk Anda, aromaterapi juga pasti akan sangat menyenangkan bagi rekan kerja di samping Anda.

Dengarkan musik

Musik dapat memberikan banyak manfaat, termasuk meningkatkan kinerja otak dan memperbaiki mood seseorang. Bila memungkinkan, dengarkanlah musik favorit Anda saat sedang bekerja.

Nah sekarang Anda sudah mengetahui tipsnya, mulai besok dicoba ya, biar tetap sehat. (RFA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here