Perut kembung bisa dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali pada si kecil kesayangan Anda. Perut kembung disebabkan oleh penumpukan gas di dalam perut. Meskipun perut memiliki kemampuan untuk menampung gas yang dihasilkan oleh proses pencernaan, tetapi volume yang berlebihan dapat menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan. Biasanya perut akan tampak membuncit, menimbulkanrasa tidak nyaman, bahkan sakit pada perut dan dada.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan perut kembung pada si kecil, mulai dari makanan, minuman, radang lambung, sampai infeksi saluran pencernaan.  Lalu Bagaimana cara mengatasinya? Cobalah lakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi kembung pada buah hati Anda:

  1. Cari Posisi Nyaman

Posisikan anak dengan posisi yang nyaman agar memudahkan anak mengeluarkan udara dari saluran pencernaan, baik dalam bentuk sendawa ataupun buang angin. Anak dapat diminta duduk atau dibaringkan dengan posisi tertelungkup.

  1. Beri Pijatan atau Tepukan

Beri pijatan di daerah punggung, sekitar perut, dan dada. Beberapa tepukan di area punggung juga bermanfaat untuk memancing timbulnya sendawa.

  1. Gunakan Balsam ataupun Minyak Penghangat

Balurkan balsam atau minyak penghangat di daerah perut, dada, serta punggung. Jika anak memiliki alergi dengan kandungan minyak penghangat, Anda bisa memanfaatkan kantong karet air hangat, lalu letakan di bagian perut. Beri tambahan pijatan, kombinasi minyak penghangat dan pijatan akan membantu gas keluar dari lambung. 

  1. Hindari Makanan Penghasil Gas

Ada banyak macam makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya gas di lambung. Contohnya seperti minuman dingin, es krim, minuman bersoda, makanan pedas, kacang-kacangan, kol, gorengan, dan makanan berlemak.

  1. Beri Minuman Hangat

Minuman hangat dapat membantu menyamankan perut anak yang kembung, serta memancing keluarnya sendawa atau kentut.

  1. Ingatkan Anak untuk Tidak Makan dan Minum dengan Tergesa-gesa

Makan dan minum dengan tergesa-gesa dapat memperbanyak jumlah gas yang tertelan bersama makanan. Ingatkan anak untuk mengunyah secara perlahan. Selain itu, jangan langsung makan dalam jumlah besar, karena akan membuat organ pencernaan bekerja dua kali lebih keras.

  1. Hindari Makan Sambil Berbaring

Berbaring akan membuat gas yang masuk ke dalam lambung selama proses makan sulit untuk keluar dalam bentuk sendawa. Jika perut sudah dalam kondisi kembung, hal tersebut dapat memperparah kondisinya.

  1. Gunakan Obat Penghilang Gas

Jika diperlukan, berikan obat yang dapat mengatasi perut kembung pada anak, dan disarankan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Periksakan ke Dokter

Hati-hati jika perut kembung disertai gejala sulit buang air besar, tidak bisa buang angin, merasa mual, dan muntah-muntah. Jika hal tersebut terjadi dan terus berlanjut, segera periksakan ke dokter.

Itulah 9 tips mengatasi perut kembung pada si kecil. Tetap perhatikan dan lindungi kondisi kesehatan Anda beserta keluarga. Jaga pola makan dengan baik dan sehat agar terhindar dari berbagai gejala gangguan pencernaan dan penyakit lainnya. (ADS)