Batuk adalah respons alami tubuh manusia untuk membersihkan faktor penyebab iritasi, seperti lendir, debu, atau asap, agar keluar dari saluran pernapasan kita. Batuk umumnya akan sembuh dalam waktu 2 minggu tanpa membutuhkan pengobatan. Namun, terkadang batuk menjadi sangat mengganggu dan dirasa perlu mencari cara mengatasi batuk tersebut.

Batuk dapat diatasi dengan berbagai cara, baik dengan bantuan obat medis maupun alami. Berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi batuk dengan cepat yang dapat Anda cobalakukandi rumah.

  1. Minum Banyak Cairan
    Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah hal yang sangat penting dalam penyembuhan batuk, baik berdahak ataupun kering. Cairan dapat membantu mengencerkan dahak penyebab batuk. Cobalah minum sebanyak 8 gelas setiap hari selama Anda batuk. Minuman apapun bisa digunakan, kecuali alkohol, minuman berkafein, dan minuman masam, seperti sari pati jeruk masam yang dapat mengiritasi tenggorokan Anda.
  2. Hirup Uap Air Hangat
    Cobalah mandi dengan air hangat dan hirup uap air tersebut. Cara ini membantu membuka sumbatan di hidung yang dapat menetes ke tenggorokan dan menyebabkan batuk. Cara lainnya adalah dengan menyalakan humidifier (pelembab udara) di dalam ruangan. Nyalakan humidifier di malam hari, dan hirup uap hangatnya. Cara ini bermanfaat untuk mengatasi batuk karena demam, alergi, dan asma.
  3. Obat Gosok Dada
    Cobalah gunakanlah obat gosok untuk dada. Obat gosok yang dijual bebas telah mengandung mentol atau kamfor, dan seharusnya dapat meredakan sebagian besar batu berdahak atau batuk kering.
  4. Ubah Cara Batuk
    Anda mungkin akan langsung memulai batuk dengan keras ketika tenggorokan terasa gatal, tetapi batuk dengan cara perlahan dapat membantu mengatasi batuk dengan lebih cepat. Terutama pada batuk berdahak. Saat mulai batuk, lakukanlah perlahan, batuk kecil akan membawa dahak ke puncak saluran pernapasan, kemudian batuk yang besar akan mendorongnya keluar.
  5. Hindari Bahan yang Dapat Mengiritasi Udara
    Bahan iritasi di udara dapat menyebabkan bertambah parahnya batuk dan memicu iritasi sinus kronis akibat menumpuknya dahak. Bahan pengiritasi paling jelas adalah asap rokok. Selain itu, parfum dan pewangi ruangan juga diketahui dapat memicu iritasi, usahakan hindari, paling tidak selama proses penyembuhan batuk Anda.
  6. Gunakan Obat Medis
    Jika cara-cara sebelumnya tidak membantu, Anda bisa menggunakan beberapa obat medis untuk membantu meringankan dan meredakan batuk, contohnya seperti:
  • Tablet isap
    Tablet isap untuk batuk dan nyeri tenggorokan bisa menjadi pilihan efektif. Tablet isap akan membantu melegakan tenggorokandan menghambat refleks batuk.
  • Dekongestan
    Dekongestan membantu mengurangi sumbatan pada hidung dan mengeringkan dahak di saluran pernapasan. Dekongestan tersedia dalam berbagai bentuk, seperti, cairan, pil, dan semprotan hidung.
  • Suppressants
    Suppressants atau penekan batukakan menghambat aliran dahak dan menghambat refleks batuk. Carilah suppressants yang mengandung dekstrometorfan dan antihistamin. Jangan berikan obat kepada anak di bawah usia 4 tahun.
  • Ekspektoran
    Ekspektoran sangat cocok digunakan untuk batuk berdahak, obat ini berfungsi mengencerkan dahak sehingga dapat dikeluarkan bersama batuk.

Itulah beberapa tips cara mengatasi batuk secara cepat. Namun, penting sebelumnya untuk mengetahui apa penyebab batuk Anda. Jika batuk Anda tidak kunjung sembuh selama beberapa minggu dan muncul gejala lainnya, segera periksakan ke dokter untuk penanganan sedini mungkin. (ADS)