Banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menjadi depresi. Tumpukan pekerjaan yang tak kunjung usai, tidak adanya teman bicara, hingga penyakit yang tak kunjung sembuh, menjadi beberapa penyebab depresi yang paling banyak dialami. Bila Anda memiliki orang terdekat yang mengalami depresi, ajaklah untuk berolahraga. Cara menghilangkan depresi salah satunya dengan Olahraga teratur.

Saat berolahraga tubuh akan menghasilkan endorfin atau  hormon yang akan membuat seseorang merasa lebih santai dan bahagia. Selain itu, olahraga juga dapat menghambat produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab timbulnya stres. Selain mencegah stres, terhambatnya produksi hormon kortisol juga dapat menurunkan tekanan darah Anda. Tekanan darah penderita depresi seringkali meningkat.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Emory University Hospital Atlanta, bahkan membuktikan bahwa olahraga dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, yang sering ditimbulkan akibat depresi. Penyakit kardiovaskular yang dimaksud adalah hipertensi, serangan jantung, penyakit jantung koroner, hingga stroke. Selain dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, depresi juga dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Saat mengalami depresi, seseorang cenderung akan kehilangan motivasi untuk menjaga kesehatannya. Mereka seringkali melakukan berbagai tindakan yang dapat membahayakan kesehatan, seperti makan tidak teratur, begadang, merokok, atau minum alkohol. Hal itulah yang akhirnya dapat menimbulkan berbagai penyakit. Selain itu, penyakit yang berkaitan dengan mental juga dapat memicu terjadinya perubahan hormonal, yang dapat memicu terjadinya kelainan irama jantung.

Ketika menjalani olahraga saat mengalami depresi, bukan hanya stres yang akan hilang berganti dengan bahagia. Siklus hidup Anda juga akan kembali normal, Anda dapat menerapkan pola makan yang baik, tidur teratur, dan memiliki tekanan darah yang normal. Maka, jangan abaikan olahraga. Cobalah untuk menjadikan olahraga sebagai rutinitas baru Anda. Agar lebih menyenangkan, ajaklah keluarga dan rekan Anda untuk berolahraga bersama. Berolahraga lima kali seminggu, masing-masing selama 30 menit akan membuat Anda tetap sehat secara fisik dan mental. (RFA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here