Ginjal memiliki peranpenting dalam menjaga sistem metabolisme tubuh kita. Fungsi ginjal di antaranya adalah mengatur tekanan darah, memproduksi sel darah merah, serta menjaga keseimbangan asam basa. Bayangkan jika ginjal kita mengalami gangguan dalam menjalankan fungsinya, tentu kesehatan kita bisa menjadi taruhannya. Itulah sebabnya kita harus senantiasa menjaga kesehatan ginjal kita sejak dini. Beberapa cara menjaga kesehatan ginjal di bawah ini bisa menjadi langkah awal bagi kita untuk mulai menyayangi ginjal.

Minum Air Putih Secara Teratur

Fakta bahwa air putih sangat baik bagi tubuh memang bukan rahasia lagi. Air putih berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa metabolisme atau racun yang terdapat pada ginjal. Untuk itu, kita dianjurkan mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas perhari, agar ginjal kita dapat tetap bekerja dengan optimal. Jika Anda masih suka meminum minuman berwarna, sebaiknya mulailah menggantinya dengan air putih yang manfaatnya sudah tidak diragukan lagi bagi tubuh kita.

Kontrol Tekanan Darah

Salah satu penyebab terjadinya gangguan pada ginjal adalah tekanan darah tinggi, atau yang biasa disebut dengan hipertensi. Tekanan darah tinggi yang berlangsung terus-menerus dapat membuat jantung bekerja lebih keras, sehingga berpotensi mengakibatkan pembuluh darah rusak. Apabila pembuluh darah yang rusak itu terdapat pada ginjal, maka ginjal akan mengalami gangguan dalam menjalankan tugasnya.

Jaga Berat Badan

Menjaga berat badan dan pola makan adalah salah satu cara efektif dalam menjaga kesehatan ginjal. Obesitas biasanya menjadi faktor penyebab kerusakan ginjal, sebab lemak yang tertimbun dalam tubuh akan mengganggu kinerja ginjal dan membuatnya kesulitan dalam memproduksi urine. Itulah yang membuat ginjal mengalami kerusakan. Solusinya, jaga berat badan dan pola makan Anda dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, serta hindari makanan dan minuman yang berpotensi merusak kinerja ginjal.

Jaga Gula Darah

Kadar gula darah dalam tubuh kita harus selalu berada pada tingkat normal agar tidak timbul berbagai masalah kesehatan, khususnya gangguan ginjal. Tingginya kadar gula darah dalam tubuh dapat membuat ginjal bekerja terlalu berat dalam menyaring darah, sehingga dikhawatirkan akan terjadi kebocoran pada ginjal. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis dapat menjadi cara untuk menjaga kestabilan gula darah Anda.

Kurangi Konsumsi Makanan Asin

Penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi garam dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal dan osteoporosis. Asupan garam yang terlalu tinggi akan membuat kandungan garam dan kalsium dalam urine meningkat yang dapat mempertinggi risiko terbentuknya batu ginjal. Untuk itu, kita dianjurkan mengurangi asupan garam dalam masakan sehari-hari, agar ginjal dan tulang kita selalu terjaga kesehatannya.

Jangan Lupa Rutin Berolahraga

Olahraga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pola hidup sehat. Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat membuat organ tubuh kita bekerja lebih baik lagi. Tentunya, hal tersebut harus diimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan air putih secara teratur, agar kesehatan tubuh kita selalu prima. 

Cara menjaga kesehatan ginjal bukanlah hal yang rumit untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Komitmen hidup sehat dan konsisten dalam menjalankannya adalah kunci utama demi menjauhkan segala penyakit berbahaya dari tubuh kita. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Anda dan orang-orang terdekat Anda! (ADS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here