Sebagai wanita, ibu pasca melahirkan tentu ingin berat badannya segera kembali ke berat badan normal seperti sebelum hamil. Hal ini merupakan hal yang wajar.Tetapi ibu menyusui juga harus memerhatikan asupan makanannya, agar kebutuhan nutrisi si kecil dapat terpenuhi. Diet bukan berarti “pembatasan makan,” tetapi diet sebenarnya memiliki arti “pengaturan makan.” Jadi diet ibu menyusui merupakan pengaturan makan bagi ibu menyusui agar bayinya mendapatkan nutrisi yang adekuat dari ASI, dan berat badan ibu dapat segera kembali ke berat badan ideal. Berikut diet ibu menyusui yang bisa Anda coba:

  1. Banyak mengonsumsi buah
    Buah sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Kandungan air dan berbagai vitamin yang terdapat di dalam buah dapat menunjang kesehatan ibu dan bayi. Jika enggan memakan buah secara langsung, ibu bisa menggantinya dengan jus buah. Mengonsumsi minimal 2 gelas jus buah setiap hari dapat membantu mempertahankan vitalitas ibu dan meningkatkan kesehatan bayi, karena di dalam buah terdapat vitamin C, mineral, dan vitamin. Pilih buah-buahan yang banyak mengandung antioksidan, seperti apel, jeruk, buah beri, dan kiwi, agar ibu menyusui tidak rentan sakit dan bayi yang disusui juga lebih kebal terhadap paparan penyakit.
  1. Banyak mengonsumsi sayur
    Ibu menyusui disarankan untuk meningkatkan asupan konsumsi sayur. Banyak mengonsumsi sayur dapat meningkatkan produksi ASI. Kandungan yang terdapat di dalam sayur antara lain antioksidan, vitamin, mineral, zat besi, dan kalsium. Selain baik untuk meningkatkan produksi ASI, sayur juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung.
  1. Minum susu rendah lemak
    Ibu menyusui perlu mendapatkan asupan kalsium yang adekuat. Minum susu rendah lemak atau produk turunannya, seperti yoghurt dan mentega rendah lemak, dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium ibu dan bayi. Kalsium sangat dibutuhkan oleh bayi untuk pertumbuhan tulang dan giginya.
  1. Pilih daging tanpa lemak
    Ibu dan bayi perlu mendapatkan asupan protein dan vitamin. Daging tanpa lemak merupakan sumber protein hewani yang disarankan untuk ibu menyusui, karena kandungan protein dan vitamin B 12 di dalamnya cukup tinggi dan baik untuk menunjang tumbuh kembang bayi.
  1. Ikan salmon
    Ikan salmon merupakan jenis ikan yang banyak mengandung Omega 3, DHA, dan EPA. Ketiga jenis kandungan ikan salmon tersebut dapat meningkatkan perkembangan otak dan kecerdasan pada anak.Oleh karena itu, ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon jika ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan pintar.
  1. Pilih karbohidrat kompleks
    Pilih karbohodrat kompleks seperti gandum, agar kebutuhan kalori ibu terpenuhi dan tidak sering merasa lapar. Karbohidrat kompleks diserap oleh tubuh sedikit demi sedikit, sehingga orang yang mengonsumsi karbohidrat kompleks cenderung tidak mudah lapar.
  1. Jangan mengurangi kalori terlalu banyak
    Ibu menyusui memerlukan kalori 400 hingga 500 kalori lebih banyak dibanding wanita yang tidak menyusui. Hal ini dikarenakan bayi yang disusui juga memerlukan kalori yang cukup untuk menunjang tumbuh kembangnya. Ibu menyusui tidak disarankan untuk mengurangi kalori terlalu banyak, agar kecukupan gizi bayinyatetap dapat terpenuhi.
  1. Olahraga teratur
    Olahraga teratur merupakan pelengkap diet ibu menyusui, agar tubuh ibu tetap bugar dan dapat segera kembali memiliki bentuk tubuh yang ideal. Olahraga ringan seperti jalan kaki, menggendong si kecil berkeliling pekarangan rumah, joging, maupun senam nifas, dapat membantu ibu menyusui tetap sehat dan dapat memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya.

Demikian ulasan mengenai diet ibu menyusui. Semoga bermanfaat dan sehat selalu untuk Ibu dan Bayinya. (ADS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here