Sudah lebih dari 20 tahun, band asal Inggris ini menemani pendengar setianya. Band beraliran Britpop ini, kini membuktikan eksistensinya dengan meluncurkan album Night Thoughts. Suede menjadi satu dari sedikit band britpop era 90-an yang tetap produktif merilis album.

Night thoughts menjadi album penuh ketujuh yang dirilis Suede sepanjang kariernya. Album tersebut berisikan 12 lagu. Outsiders telah lebih dulu diperkenalkan ke publik sebagai single pertama. Peluncuran album ini mendapat sambutan menggembirakan dari pendengar setianya. Tidak ada yang pernah mengira bahwa kembalinya Suede bukan hanya sekadar reuni semu tanpa karya terbaru.

Suede sempat memutuskan untuk bubar pada tahun 2003. Tetapi kemudian mereka kembali berkumpul pada tahun 2010. Untuk menandakan kehadirannya kembali, mereka mengadakan tur dunia yang berjalan dengan sukses. Indonesia sempat menjadi salah satu negara tujuan tur tersebut. Rupanya pendengar musik mereka tidak begitu saja melupakan saat mereka bubar.

Night thoughts menjadi album kedua yang berhasil dikerjakan, setelah keputusan reuni mereka. Sebelumnya mereka berhasil merilis album Bloodsports pada tahun 2013. Album tersebut menandai kembalinya band idola era 90-an ini. Bloodsports mendapat sambutan yang luar biasa dari penggemar music britpop.

Berbeda dengan album-album sebelumnya, Album Night Thoughts dirilis bersamaan dengan sebuah film pendek yang dapat Anda simak, dengan latar musik berupa lagu-lagu yang ada di dalam album tersebut. Film ini merupakan proyek yang dikerjakan bersama dengan fotografer media musik kenamaan, NME.

Meski tidak muda lagi, band beranggotakan Bret Andersson, Mat Osman, Neil Codling, Simon Gilbert, dan Richard Oakes, seolah tidak kehilangan kreativitas dalam menghasilkan sebuah karya. Bagi Anda yang menggemari musik Suede, sebaiknya Anda tidak menunda lagi untuk segera mendengarkan album  terbaru ini. (RFA)