Jantung merupakan organ primer yang ada pada tubuh makhluk hidup. Keberadaan jantung sebagai tanda kehidupan menunjukkan bahwa jantung menjadi organ yang sangat penting. Penyakit jantung merupakan penyakit yang dapat dengan mudah mengancam keselamatan nyawa manusia. Artikel ini akan membahas secara khusus tentang cara untuk mengenali 7 gejala sakit jantung secara dini.

Jantung merupakan organ yang memiliki fungsi untuk memompa darah dalam tubuh makhluk hidup. Proses sirkulasi darah dalam tubuh diatur secara umum oleh gerak jantung dengan irama tertentu. Kerja jantung yang bermasalah mampu memberikan efek yang berbahaya bagi kehidupan manusia, dan ini menjadi bukti bahwa penyakit jantung layak dikatakan sebagai penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Berikut beberapa gejala serangan jantung yang dapat Anda kenali secara dini:

  1. Nyeri Dada
    Gejala umum yang menjadi tanda dari adanya masalah pada jantung adalah nyeri pada bagian dada. Nyeri yang terasa merupakan nyeri yang dapat menyebabkan kram atau kejang. Rasa nyeri yang timbul dapat berbeda sesuai dengan tingkat keparahan penyakit jantung penderita.
  1. Sesak Napas
    Sesak napas yang muncul sebagai tanda dari adanya penyakit pada jantung adalah sesak napas yang diakibatkan oleh masuknya cairan ke dalam rongga udara pada paru-paru secara berlebihan. Penderita penyakit jantung akan merasakan sesak napas dengan rasa yang berbeda-beda. Sesak napas biasanya muncul diiringi dari rasa nyeri pada dada.
  1. Mudah Lelah dan Lesu
    Gejala ini muncul akibat terganggunya daya kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Adanya gangguan pada sistem sirkulasi darah akan mengakibatkan daya kerja tubuh menurun. Penderita penyakit jantung akan cepat merasa lelah saat melakukan aktivitas fisik tertentu.
  1. Sakit pada Bagian Tubuh Tertentu
    Permasalahan pada jantung yang disebabkan oleh penyumbatan arteri akan memunculkan rasa sakit pada beberapa bagian tubuh. Pada wanita, rasa sakit yang umum dirasakan adalah pada kedua bagian tangannya.Dan pada pria, bagian tangan yang lebih terasa sakit adalah pada bagian kiri. Nyeri akibat penyakit pada jantung pun dapat muncul di bagian punggung, bahu, dan leher.
  1. Palpitasi
    Palpitasi merupakan suatu kondisi ketikajantung berdebar dengan irama yang lebih cepat dari biasanya. Penderita penyakit jantung dengan kelainan tertentu dapat merasakan gejala palpitasi secara intens.
  1. Pembengkakan
    Pembengkakan tubuh pada penderita penyakit jantung muncul dari kondisi cairan dalam tubuh yang tidak mampu dialirkan dengan baik. Penderita penyakit jantung umumnya mengalami pembengkakan di daerah perut dan sekitar pergelangan kaki.
  1. Keluar Keringat secara Berlebihan
    Produksi keringat secara berlebihan ditandai dengan banyaknya kadar keringat yang keluar pada diri seseorang tanpa melakukan aktivitas fisik yang berat. Penderita penyakit jantung umumnya memiliki kadar intensitas pengeluaran keringat dalam jumlah yang banyak selama beberapa waktu.

Itu tadi adalah cara untuk mengenali 7 gejala sakit jantung secara dini. Kenali gejala yang muncul pada tubuh Anda dan jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter setempat. (ADS)