Beragam penyakit sering bermunculan pada musim hujan seperti saat ini. Mulai dari flu hingga demam berdarah, banyak kita temukan atau bahkan kita alami akhir-akhir ini. Jangan sampai aktivitas Anda terbengkalai karena dihampiri penyakit-penyakit khas musim hujan seperti yang disebutkan di atas. Itulah sebabnya, kita tidak boleh mengabaikan kesehatan. Bagaimana cara yang tepat untuk menjaga kesehatan pada musim hujan? Kiat-kiat di bawah ini mungkin bisa menjadi panduan Anda.

Membersihkan Lingkungan di Sekitar Tempat Tinggal

Saat musim hujan, lingkungan di sekitar tempat tinggal kita tentu akan lebih mudah kotor. Genangan air di sana-sini yang menjadi sarang nyamuk, lantai yang selalu lembab, dan sampah yang menggenang, bukanlah ciri-ciri lingkungan ideal. Mau tidak mau, kita pun dituntut untuk lebih memerhatikan kebersihan lingkungan sekitar, sebelum penyakit menjangkiti. Mulailah dengan membersihkan genangan-genangan air agar tidak menjadi sarang nyamuk, dan menutup tempat penampungan air. Di samping itu, sampah yang menumpuk juga perlu ditimbun agar tidak mengganggu pemandangan dan penciuman Anda.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kita sering kali mengabaikan jumlah konsumsi air putih setiap harinya. Padahal, kita dianjurkan untuk meminum air putih setidaknya 1,5 liter per hari demi memenuhi kebutuhan cairan tubuh, terutama padamusim hujan yang sangat rentan membawa berbagai penyakit. Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh akan membuat daya tahan tubuh kita semakin kuat. Usahakan untuk membawa atau membeli air putih saat bepergian keluar rumah.
Jangan Lupa Bawa Payung atau Jas Hujan Setiap Bepergian
Payung dan jas hujan sebaiknya menjadi benda yang wajib Anda bawa saat bepergian padamusim hujan. Meskipun hujan yang turun hanya rintik-rintik, Anda sebaiknya tetap memakai payung, sebab hujan gerimis justru paling sering membuat kepala menjadipusing.

Jaga Kebersihan Tubuh dan Tangan Setiap Saat

Musim hujan menjadi saat favorit bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak, karena suhu udara yang lebih lembap. Itulah yang membuat tubuh kita menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Agar tidak mudah terjangkit kuman dan bakteri penyebab penyakit, kita dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah melakukan aktivitas, dan sesudah dari kamar mandi. Pastikan sabun cuci tangan yang Anda pakai efektif untukmembunuh kuman.

Mengonsumsi Vitamin

Tubuh kita yang rentan terhadap penyakit padamusim hujan membutuhkan asupan vitamin ekstra, terutama vitamin C yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Asupan vitamin C dapat kita peroleh dari berbagai jenis buah, seperti jeruk, mangga, sirsak, dan masih banyak lagi. Mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dengan dosis yang sesuai pun dianjurkan, untuk memastikan tubuh kita mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Selain itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang memberikan efek yang menghangatkan bagi tubuh.

Jangan menganggap remeh penyakit musiman yang sering datang pada musim hujan. Seringan apapun penyakit itu, tetap saja akan membuat tubuh kita tidak nyaman. Belum lagi berbagai pekerjaan yang jadi terbengkalai karenanya. Oleh sebab itu, pastikan Anda dan keluarga tetap sehat dan bugar di musim hujan. (ADS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here