Survei Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa penyakit jantung menduduki peringkat pertama penyebab kematian penduduk dunia. Fakta tersebut cukup mencengangkan, apalagi jika kita mengingat bahwa saat ini penyakit jantung tidak hanya diderita oleh lansia saja. Mereka yang berada dalam usia produktif pun rentan terkena gangguan jantung. Faktor gaya hidup sering kali menjadi penyebabnya. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit jantung? Tips dan cara menjaga kesehatan jantung berikut ini mungkin bisa menjadi jawabannya.

Jaga Pola Makan dan Berat Badan

Obesitas masih menjadi masalah besar bagi sebagian penduduk dunia. Berat badan yang berlebihan tentunya akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, tidak terkecuali penyakit jantung. Tumpukan lemak yang berlebihan pada tubuh akan membuat kinerja jantung semakin berat. Tidak hanya itu, meningkatnya kadar lemak jahat dalam tubuh juga akan membuat pembuluh darah yang berada di sekitar jantung menjadi tersumbat. Oleh karena itu, kita perlu mengurangi makanan-makanan berlemak, khususnya makanan cepat saji, untuk menghindari asupan lemak yang berlebihan.

Jangan Malas Berolahraga

Satu hal yang tidak pernah terlepas dari usaha menjaga kesehatan adalah olahraga. Mengingat jantung kita merupakan komponen otot yang harus terus-menerus dilatih, maka olahraga rutin merupakan hal yang tidak boleh kita abaikan. Aktivitas-aktivitas ringan seperti jalan kaki, joging, dan bersepeda, terbukti dapat menjadi latihan terbaik bagi jantung Anda. Bahkan, sebuah penelitian dari New England Journal of Medicine menemukan bahwa latihan ringan seperti jalan cepat minimal dua jam dalam seminggu dapat mengurangi sepertiga risiko gangguan jantung. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai berolahraga mulai dari sekarang!

Jauhi Rokok

Bukan fakta yang mengejutkan jika rokok merupakan pembawa penyakit. Rokok tidak hanya merusak kinerja paru-paru; jantung pun dapat terganggu akibat benda kecil yang satu ini. Zat-zat yang terkandung dalam rokok dapat merusak arteri. Rusaknya arteri jantung tersebut memicu peningkatan kolesterol. Untuk itu, mulailah untuk mencoba berhenti merokok, sebab menurut penelitian, berhenti merokok selama setahun dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebanyak 50%.

Jaga Kesehatan Gigi

Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya apa hubungannya gigi dengan penyakit jantung? Penelitian terbaru dari Jurnal Internasional Kedokteran Gigi menyatakan bahwa peradangan yang terjadi pada gigi atau gusi dapat memengaruhi kinerja pembuluh darah jantung akibat adanya aktivitas bakteri yang mengeluarkan endotoksin. Zat endotoksin tersebut akan bereaksi pada sistem sirkulasi darah saat kita melakukan aktivitas seperti menggosok gigi atau mengunyah makanan. Menggosok gigi setidaknya dua kali sehari dan membersihkan karang gigi secara rutin pun wajib Anda lakukan sebab tidak hanya baik untuk kesehatan gigi dan mulut, namun juga baik untuk jantung Anda.

Selain cara menjaga kesehatan jantung yang sudah disebutkan di atas, hal yang tidak kalah penting untuk menghindari penyakit jantung adalah menjauhi hal-hal yang membuat Anda stres. Meskipun masalah dalam kehidupan sehari-hari terus bermunculan, cobalah untuk selalu rileks dan berpikir positif dalam menyikapinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here